KOMUNIKATOR

Adalah pihak yang mengirim pesan kepada khalayak. Oleh karena itu komunikator biasa disebut pengirim, sumber / source atau encoder.

Syarat Menjadi Seorang Komunikator :
·Mengenal diri sendiri
·Kepercayaan
·Daya Tarik
·Kekuatan

PESAN (KODE VERBAL DAN NONVERBAL)

Dalam memberikan pesan dalam proses komunikasi. kita tidak bisa melepaskan diri dari apa yang disebut simbol dan kode karena pesan terdiri dari atas rangkaian simbol dan kode. Simbol adalah lambang yang memiliki suatu objek.
Kode adalah seperangkat simbol yang telah disusun secara sistematis dan teratur sehingga memiliki arti.

Kode Verbal
Dalam pemakaiannya menggunakan bahasa. Bahasa adalah seperangkat kata yang telah disusun secara berstruktur sehingga menjadi himpunan kalimat yang mengandung arti.

Kode Nonvebal
Manusia dalam berkomunikasi selain memakai kode verbal juga memakai kode nonverbal. Kode nonverbal biasa disebut bahasa isyarat atau bahasa diam (silent language). Kode nonverbal biasa dibagi menjadi beberapa bentuk :
·Kinetik (ditunjukan oleh gerakan badan)
·Gerakan Mata
·Sentuhan
·Diam
·Postur tubuh
·Kedekatan dan ruang
·Artifak dan visualisasi
·Warna
·Waktu
·Bunyi
·Bau
Penyusunan pesan ada bersifat informatif yang lebih menekankan pada perluasan wawasan dan kesadaran khalayak.
Penyusunan pesan yang bersifat persuasif memiliki tujuan untuk mengubah persepsi, sikap dan pendapat khalayak.

MEDIA

Alat atau sarana yang digunakan unutk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.
Dalam hal ini Media digolongkan menjadi :

·Media Antarpribadi
·Media Kelompok
·Media Publik
·Media Massa.

GANGGUAN DAN RINTANGAN KOMUNIKASI

Gangguan pada Komunikasi :
1.Gangguan teknis
2.Gangguan sistematik dan psikologis
3.Rintangan fisik
4.Rintangan status
5.Rintangan kerangka berfikir
6.Rintangan budaya

Hambatan-Hambatan Komunikasi
1. Berkomunikasi sesuai tingkatan bahasa para pendengarnya.
Seorang pedagang makanan yang hanya lulusan SMA tentunya akan kesulitan mengerti pembicaraan seorang sarjana teknik yang berbicara menggunakan istilah-istilah tekniknya.

2. Mengerti keinginan arah pembicaraan dari para pendengarnya.
Sekelompok remaja Mahasiswa tentunya wajar jika tidak tertarik pada pembicaraan mengenai permasalahan bagaimana merawat dan mendidik balita yang disampaikan seorang ibu rumah tangga.

3. Mengerti kelas sosial para pendengarnya.
Sekelompok petani didesa tentunya tidak mengerti dan tidak tertarik pada pembicaraan seorang pialang mengenai perdagangan saham.

4. Memahami latar belakang serta nilai-nilai yang dipegang teguh para pendengarnya.

KHALAYAK
Disebut juga sebagai penerima pesan. Dalam berkomunikasi, khalayak adalah salah satu peran yang paling penting. Khalayak bisa berupa Individu, Kelompok, atau Masyarakat.
Aspek yang harus diketahui oleh komunikator menyangkut khalayak adalah :

· Aspek sosiodemografik
· Aspek profil psikologis
· Aspek perilaku khalayak.

PERKEMBANGAN TERAKHIR ILMU KOMUNIKASI
Sekarang ini perkembangan ilmu komunikasi terjadi semakin cepat dan pesat di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Karena ilmu komuikasi adalah ilmu yang dianggap penting bagi semua orang, karena tanpa komunikasi kita tidak dapat melakukan dan melanjutkan kehidupan sekarang dan yang akan datang

Leave a Reply